Pages

Monday, May 6, 2013

cara membuat pempek kapal selam

Ok. orang indonesia pasti tau makanan khas palembang yang satu ini. makanan khas palembang yang di makan menggunakan cuka. bagi orang palembang atau sumatera selatan makanan pempek di luar sumsel sangat berbeda dengan rasa pempek di daerah sumsel. maka dari itu saya akan memberikan cara membuat pempek kapal selam. 

Bayak macam-macam pempek yang ada. tapi kali ini saya akan membahas pempek kapal selam yang ukurannya paling besar dari pada pempek yang lain.
Yup Kita Mulai
 
Mulai dari bahan-bahan yang di gunakan :
  • 500 gram ikan belida atau tenggiri
  • 500 gram tepung sagu
  • 2 buah telur ayam
  • 1½ sendok teh garam
  • 250 cc air matang
  • 1 sendok teh penyedap rasa atau vetsin (tapi lebih baik bikin sendiri dengan bumbu2 dapur)
  • Telur untuk isi secukupnya
Ok lanjut cara membuat :
  1. Bersihkan terlebuh dahulu ikan yang di gunakan, mulai dari sisik dan isi perut ikan, kemudian belah dia ikan dan hilangkan tulang ikan.
  2. Haluskan ikan(giling)
  3. Daging ikan yang telah di haluskan di beri garam, penyedap rasa dan telus. kemudian tuang air secara bertahap.
  4. Tepung sagu dicampurkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk hingga merata. hingga menjadi adonan yang pas dan mudah di bentuk.
  5. Ambil adonan untuk dibentuk ya sesuai seleralah mau seberapa besar, bentuk seperti mangkok kemudian isi dengan telus lalu rekatkan.
  6. Rebus adonan dalam air mendidih, lebih baik jika air ada campuran minyak sayur. Kalau sudah matang dan mengapung kemudian angkat dan tiriskanlah adonan.
  7. Adonan yang sudah direbus dan ditiriskan siap untuk digoreng sampai matang.(atau juga bayak yang memakan pempek rebus)
  8. Kemudian tiriskan(sajikan) jangan lupa dengan cuka.
Sip selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment